Sabtu, 21 Januari 2012

Andre Marie Ampere (1775-1836)

Andre Marie Ampere adalah ilmuwan dari Perancis yang menemukan hukum Integral Ampere yang menyatakan bahwa integral garis medan magnetik H sepanjang lintasan tertutup sama dengan arus searah yang terlingkung oleh lintasan tersebut. Hukum ini menjelaskan adanya hubungan antara medan magnetik dan arus listrik.
Andre Marie Ampere lahir di Lyon, 20 Januari 1775. Ayahnya adalah seorang Hakim yang secara ironis dihukum mati dengan pisau guillotine saat terjadi pemberontakan di perancis. Oleh sang ayah Andre Marie Ampere diperintahkan untuk belajar ilmu matematika, namun walaupun demikian sang ilmuwan kecil tidak mempunyai pendidikan formal. Namun karena ketekunan dan dedikasinya pada ilmu pengetahuan ia menjadi profesor matematika dan mengajar di Polytechnic school di Paris.

Andre Marie Ampere tertarik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan alam, walaupun ia seorang ahli dibidang matematika. Ia mengikuti penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Denmark yaitu Hans Christian Oersted yang pada tahun 1814 mengemukakan teori : Arus litrik dapat mempengaruhi jarum kompas.  Kemudian tahun 1820 Andre Marie Ampere mengumumkan hukum integral ampere. Pada tanggal 10 Juni 1836, Andre Marie Ampere meninggal dunia dalam usia 61 tahun. Untuk mengenang jasa Andre Marie Ampere dalam bidang elektromagnetik namanya diabadikan sebagai satuan arus listrik yaitu : Ampere.

Hukum integral ampere secara matematis dapat ditulis :

                         Integral Tertutup ( H dot dL ) = I  Ampere

Tidak ada komentar:

Posting Komentar